Antara aku, Layang-layang dan Pak RT

Kisah ini terjadi 2 tahun lalu, ketika aku sedang menanti pengumuman hasil SPMB. Selain makan, tidur dan nonton TV kegiatanku saat liburan sambil menunggu pengumuman adalah bermain layang-layang,,, yaahh hobbyku saat itu adalah bermain layangan karena aku blm kenal sama yg namanya BLOG apalagi FB..

Aku gemar bermain layangan sejak aku kecil, mungkin karena lingkungan sekitar rumahku yang mayoritas adalah anak laki-laki dan membuat aku tumbuh besar menjadi gadis yang menyukai permainan atau ulah anak laki-laki atau bisa dibilang aku adalah anak yang agak tomboy.. mainan favoritku selain layang2 adalah kelereng, gambaran, manjat pohon, main kasti, bahkan sampai mencuri jambu tetangga,,hehee. semua permainan itu sudah aku hentikan saat aku pindah rumah tepatnya saat aku kelas 2 SMP.. tp kemudian hobbyku bermain layangan terulang lagi saat aku lulus SMA, saat sedang menunggu pengumuman hasil SPMB, kurang lebih 1 bulan lamanya...

Suatu hari... sepupuku mengajak aku untuk menerbangkan layangan.. tp karena malu dilihat orang bila bermain di lapangan terbuka, maka aku memutuskan untuk bermain di lantai atas rumahku yang biasa jadi tempat untuk menjemur pakaian.. dengan begitu orang2 tidak akan mengetahui klo yg main layangan itu adalah wanita berusia 18 tahun.. hahahaaa... Karena aku malu untuk membeli layangan jadi apabila kehabisan layangan aku akan menyuruh sepu2ku untuk membelinya atau menunggu layangan orang putus dan tersangkut di atap rumahku... dan tidak jarang pula aku secara paksa memutuskan layangan orang yang terbang mendekat ke arahku (krn lantai tmpku bermain cukup tinggi)..yaaa begitulah kerjaanku hampir setiap hari saat sore2 menjelang maghrib..

Dan hal yg tak pernah ku dugapun terjadi...
Saat aku sedang asyik nonton TV di rumah malam hari.. tiba2 saja pak RT datang bertamu ke rumahku untuk menemui papahku.. saat dia melihat adik laki2ku satu2nya yaitu si adnan, diapun spontan berkata dg nada yg tinggi.. "eh..nan elo yg suka betotin layangan gw yaaaa???,, curang lo nan!!".. Pak RT di rumahku orang betawi asli jadi tutur katanyapun agak sedikit kurang sopan.. spontan aku yg mendengar dari kejauhanpun kaget karena orang yg dimaksud adalah aku bukan adikku.. tiba2 muncullah ibuku yg mendengar semuanya.. dan diapun bilang ke pak RT.. "yang suka main layangan itu mpoknya Adnan pak, nohh si Tari.." kata mamahku dg logat betawi juga..

"waduh... gawat ini", kataku dalam hati.. "bisa hancur reputasiku sebagai anak gadis yang terkenal manis di lingkungan rumahku"...:P
Pak RTpun terkejut dan tidak menduga sama sekali,, dia tertawa terbahak2 sambil berkata.."hahahaaa.. ohh jadi elo neng yang suka betotin layanagn gw.." kata pak RT kepadaku..

Terbongkarlah semua kelakuan bejatku selama ini, dan yang ga aku sangka ternyata layangan yg suka aku putusin secara paksa adalah layang2 milik pak RT.... huahahahahaaa

Dari situ aku kapok untuk bermain layangan lagi, secara udah ketahuan klo ternyata bukan perjakanya Pak Juhana yg suka main layangan melainkan gadis mungilnya yang lugu dan manis.. heheheee

Namun, sampai sekarang aku masih suka dan mengagumi permaianan sederhana itu,, karena dibalik kesederhanaannya aku dapat mengambil suatu pelajaran dari permainan layang-layang..
Bagiku bermain layang2 sama halnya dengan sebuah perjuangan...
apabila kita berhasil menaiki layangan dg mulus alias tnp hambatan apapun (misal, krn singit trus nyangkut dan akhirnya putus) pasti kita merasa puas banget dan menganggap perjuangan kita tlh berhasil... padahal itu salah besar!! Saat layang2 kita berhasil melayang dengan setinggi-tingginya, kita harus menghadapi dan melawan musuh agar layangan kita tidak terputus karena dikalahkan lawan..

Sama seperti halnya seseorang dalam berjuang, berjuang dalam menggapai cita misalnya..
cita2 tidak semudah membalikkan telapak tangan, untuk meraihnya di butuhkan perjuanagn dan pengorbanan yang harus dilakukan..Pastinya niat dan persiapan terlebih dahulu yg harus ada..sama seperti halnya dalam bermain layangan, sebelum main pasti terlebih dahulu harus ada niat, setelah niat kemudian persiapkan apa saja yang dibutuhkan untuk main layang2 dan apa saja yg harus dilakukan (misal, memasang tali kama sebaik mungkin dan memakai benang nurling yang kuat dan bagu). Kalau dalam hal berjuang persiapan apa yang harus dilakukan.?? tentunya NIAT, USAHA, dan BERDOA..Setelah usaha kita maksimal sampailah saat dimana usaha kita harus diadu dg usaha orang lain sampai akhirnya yg terbaiklah yg menjadi juaranya..

Persmaaan bermain layang2 dg usaha mencapai cita2:

Layang-layang:
1. Siapkan benang/nurling yang kuat dan layangan yang bagus dan layak terbang tentunya
2. Pasang tali kama sekuat dan sebaik mungkin
3. Mulailah menaikan layangan dengan bantuan angin dan keahlian tangan kita dalam melayangkannya
4. atur strategi dengan menarik ulur layangan agar bisa terbang dg mulus
5. setelah berhasil terbang di udara, pantengkanlah layangan tsb
6. ketika terlihat ada musuh datang lawan dg strategi yg baik
7. hancurkan dan putuskan semua layangan lawan

Perjuangan:
1. Siapkan niat
dan mental
2. Lakukanlah usaha dg sekuat mungkin diiringi dengan doa
3. Mulailah melangkah dg dorongan/motivasi dari orang2 terdekat
4. Kadang semangat kita bisa mundur.. jadi sikapi spirit dg sebaik mungkin
5. Pantengkan semangat juang
6. Lawan semua rifal dg strategi dan persiapan yg telah kita lakukan sebelumnya
7. Kalahkan semua rifal dan jadilah yang terbaik


Tapi ingat bila semua telah dapat dicapai ga boleh tamak dan sombong.. Ingat klo kita pernah berada di bawah...
Mungkin postingan aku kali ini merupakan sedikit pelajaran dari pengalaman hidup yang semoga bisa dijadikan motivasi untuk menggapai cita..

Hal yang luar biasa dapat kita peroleh dari hal yang biasa.. jadi cobalah belajar untuk berfikir lebih jauh makna dari sesuatu hal yang mungkin kita anggap sepele.. dan temukan manfaat dan maknanya dibalik semua pengalaman hidup...

Oia pesanku yg terakhir adalah.. dalam menggapai cita2.. jangan menghalalkan segala cara alias melakukan kecurangan, karena itu akan merugikan diri kita sendiri sama halnya dlm main layangan jangan main curang deh apalagi yg dicurangin PAK RT kita sendiri..hahahahaa....

Comments

Popular posts from this blog

Kenapa Administrasi Negara??

This is a story about my beloved of English which began of a hatefulness..

Alhamdulillah.. Akhirnyaaa Saaaahh jugaa :D