tips mengindari kecopetan di angkot.. (dari pengalaman pribadi)hehehee

Jangan remehkan pencopet!!!! karena pencopet itu walupun bisa dibilang penjahat kelas teri,, kalo ada kesempatan dalam kesempitan, gak dijamin deh barang beharga milik temen2 bakal selamat dari mereka...
Pencopet itu beroperasi atau melancarkan aksinya secara sembunyi2, bisa dilakukan individu ataupun berkelompok... biasanya pencopet beraksi di tempat2 yg ramai.. misal di bus umum, pasar, angkot, terminal, kereta dsb...

Nahhh,, klo yang udah beberapa kali gw alamin adalah kecopetan di angkot... pertama waktu gw masih kelas 1 SMA,, angkot ke arah cibubur (T.15 klo ga salah).. saat itu gw sama tmn ingin ke Pizza hut jambore.. kebetulan saat itu gw menaruh Hp di saku rok seragam SMA gw dg gantungan tali yg berukuran panjang sekitar 30cm.. saat masih dalam angkot gw ga sadar sama sekali kalo ternyata hp limited edition gw (jiaaahh.. belagu daahh.. hehehe) udah raib.. gw tersadar saat di dalam PH jambore.. setelah dilakukan penelusuran di stiap tmp di sana..gak juga ditemukan hp milik gw,, dan saat itu gw langsung berfikir, klo pas gw di angkot tadi, penumpang lain yg persis duduk di sbelah gw memang agak merapatkan posisi duduknya ke gw.. dan gw juga baru sadar klo kecerobohan gw menaruh hp di saku rok dg gantungan tali hp yg panjang itulah yg memudahkan pencopet di angkot itu melakukan aksinyaa... dan karena kejadian itu kejadian pertama kali gw kecopetan, gwpun ga berani bilang ke ortu gw, sampai2 gw nekat kabur dari rumah krn takut dimarahin, walupun akhirnya ortu gw bisa juga nemuin keberadaan gw.. hahahahaa.. (yaiyalah org kaburnya ke rumah sahabat gw yg udah kedua ortu gw kenal)....

Pengalaman kedua yaitu saat beberapa bulan lalu, ketika gw naik angkot 112 (Kp. Rambutan-Depok) saat perjalanan gw dari gongseng ke kosan gw di depok... awalnya ga ada sedikit kecurigaan gw di dalam angkot, walupun gw ngerasa keadaan saat itu sangat beda dg biasanya... pertama2 yg perlu dicatat adalah saat menaiki angkot sekelompok pencopet itu tidak naik secara bersamaan melainkan satu persatu,, dan jarak mereka menaiki angkot tidak terlalu jauh, hanya sekitar berjarak 5-10 m, dari org yg satu ke org yg kedua dan seterusnya...
naaahh.. saat mereka semua memasuki angkot,, angkotpun menjadi penuh,, dan saat kondisi memungkinkan mulailah mereka melancarkan aksinya.. bodohnya saat itu gw ga tau klo ternyata gw adalah salah satu TARGET mereka.. modus yg mereka lakukan diantaranya adalah:
1. salah satu pencopet mengeluarkan uang 20ribuan dan kemudian minta tolong ke gw untuk menukarkan uang 20rbuan itu ke supir angkot yg kebetulan posisi duduk gw adalah persis debelakang kursi supir angkot.. (saat itu mungkin mereka belum berhasil mengambil HP gw yg gw letakkin di saku depan tas ransel yg gw bawa)..
2. setelah itu pencopet yg lainnya, secara tiba2 mengeluarkan uang dari sakunya dan kemudian sengaja menjatuhkan salah satu uang recehan dan kemudian dia meminta gw untuk mencari uang dia yg jatuh di bawah kursi gw,, (lagi2 dg bodohnya dan kepolosan gw, gwpun mau2 aja disuruh2 sama pencopet bajingan itu..) krn gw sibuk mencari2 duit recehan membuat gw lengah dg tas gw yg ada dipangkuan gw...
3. pencopet yg melakukan modus menjatuhkan uang recehpun turun, ga lama kemudian,, pencopet yg minta gw nukerin duit juga turun, dan terakhir, 2 org yg duduk di kursi tambahanpun menyusul utk turun..(oia, 2 org yg duduk persis di dpn gw di kursi tambahan, mereka tidak melakukan aksi apapun, tp mereka membawa tas ransel yg besar2 dan sepertinya merekalah yg bertugas mengambil HP gw dari tas, saat gw lengah tadi..)
kemudian setelah di dalam angkot tinggal gw berdua dg salah satu penumpang wanita berjilbab, tiba2 saja supir angkot itu bertanya pada kami,,, "Mba, ada barangnya yg hilang ga? coba di cek deh.." spontan gwpun mengecek isi ransel gw, dan ternyata hp yg baru gw miliki 2 bulan itu telah RAIB.....karena kesal, sebel, dan merasaa kehilngan gwpun menangis sejadi2nya di dalam angkot,, dan menyesali kejadian tadi..(knp gw begitu polos dan bodoh....hahahahaaa..)

Kejadian terakhir yg gw alami dan hampir membuat gw kehilangan hp lagi adalah kejadian yg persis bgt terjadi tadi siang saat gw naik angkot 112 (lagi lagi...) menuju kampus gw (UI depok)...
tapi alhamdulillah karena pengalaman gw yg pernah kecopetan dan denger dari tmn2 juga dari media masa ttg berbagai modus pencopetan angkot, oleh karena itu gw berhasil melarikan diri dari kelompok pencopet di dalam angkot..
jadi awalnya seperti ini, saat gw naik 112,, ada 2 org pria yg sudah ada di dalam angkot, tidak jauh dari gw naik angkot tiba2 seorang pria dg mengenakan baju rapi dan membawa koran yg digulungpun juga naik ke dalam angkot, sekitar 5 m dari org td naik, ada lagi seorang pria yg naik angkot, dia dg sangat cepat menduduki tmp duduk persis disebelah gw,, (posisi gw persis di samping kaca belakang angkot),, nah ga jauh dari bpk2 yg tadi terakhir naik tb2 naik lagi satu org bpk yang membawa banyak sekali barang2 (semacam jaket dan baju dan sepertinya barang dagangan) di dalam kantong plastik besar.. tidak lama dr itu naik lagi seorang pria dg mengenakan kemeja rapi dan membawa tas ransel besar, dan terakhir adalah seorang pria juga yg mengenakan kemeja rapi dan anehnya org itu saat di dalam angkot, tiba2 aja membagikan brosur (entah brosur apa) ke pada penumpang lain begitu juga ke gw, (tp gw tolak) nah ga lama gw liat pemandangan yang bener2 buat gw curiga,, org yg tadi bawa koran tb2 membuka korannya lebar2... dia duduk persis di samping org yg membawa bnyak brg tadi...
nah karena melihat pemandangan yg bnr2 ga wajar, dan sangat mencurigakan,, langsung aja gw minta supir angkot berhenti di dpn NF kiwi.. (padahal baru bbrapa meter dari gw naik angkot)...
saat turun, jantung gw bener2 deg2an dan takut abisss,,, tapi alhamdulillah gw berhasil keluar dari kumpulan pencopet di angkot... walaupun blm pasti juga mereka pencopet, tapi diliat dari gelagat dan kejadian2 yg mencurigakan,, membuat gw yakin100%, klo mereka memang copet,, nah klo gw bisa tebak c target mereka gw dan bapak yg membawa banyak barang dagangan tadi...
duh gw ga tau deh nasib bapak itu gmn setelah gw turun dari angkot... maunya c pas gw turun gw teriak "copeeeett!!" tp gw takut aja dg kemungkinan2 mengerikan yg bisa aja mengancam diri gw... makanya gw lebih memilih diam dan kemudian menaiki 112 lain yg keliatannya lebih aman...

gw bersukur pernah mengalami sendiri kejadian pencopetan di angkot 112 (yg memang katanya sangat sering terjadi banyak kejadian pencopetan).. karena dg pengalaman itu gw bisa tau dan lebih waspada lagi bila mengalami hal2 yg mencurigakan....

nah untuk menghindari aksi pencopet yg kita ga pernah duga kapan, dimana, dan bagaimana mereka beraksi..nih ada tips cara mengurangi resiko kecopetan pada barang berharga temen2 :

1. Buat tempat menyimpan barang berharga temen2 selain di kantong, di saku, di dompet, di tas, dll yang tidak terpikirkan oleh para copet seperti membuat saku di perut yang tidak terlihat dari luar, di pakain dalam / pelapis, dsb.

2. Jangan taruh kartu identitas, kartu atm dan surat berharga lain di dalam dompet agar jika dompet kecopetan barang kalian tidak hilang semua. Yang pasti capek deh kalau harus mengurus ktp, sim, atm, karpeg, kartu kredit, dsb dalam satu waktu.

3. Gunakan pakaian yang kantong atau sakunya ketat dengan bahan yang tidak mudah robek disilet seperti celana jeans agar si pencopet kesulitan memasukkan tangan ke dalam saku celana.

4. Taruh atau gantungkan tas kalian pada bagian depan tubuh di daerah yang mudah terlihat mata dan dapat anda lindungi dengan tangan anda.

5. Simpan uang cadangan di bagian lain agar apabila copet mencopet dompet kalian, kalian masih bisa pulang dengan uang cadangan tersebut.

6. Persulit copet dalam mencopet barang berharga kalian, seperti misalnya dengan rantai besi, saku celana berrisleting atau berkancing, menaruh barang di pakaian bagian dalam (pakai jaket), dsb.

7. Jangan undang perhatian copet dengan mengeluarkan hp dan menaruhnya lg di tmp2 yg mudah dijangkau pencopet, jangan menaruh handphone di saku celana yg kemungkinan akan membuat saku clana terlihat berjendol, jangan menaruh uang yang terlihat menyembul dari saku, saku yang longgar mudah dijangkau tangan kosong, dll.

8. Waspada selalu ketika berada di tempat ramai atau kerumunan orang walaupun di tempat yang tmn2 rasa aman.

9. Jebak copet dengan dompet yang tidak berisi, ponsel mainan, dan lain sebagainya. Simpan barang yang asli di tempat yang sulit dijangkau para copet.

10. Berdoalah kepada Allah SWT agar tmn2 dilindungi dari aksi jahat para pencopet yang pengecut serta kalian selamat dari berbagai marabahaya lain di perjalanan.

Tambahan :
Copet tidak mengenal belas kasih dan pilah-pilih korban. Selama ada kesempatan, maka mereka akan mencoba beraksi meraup rezeki yang haram. Hati-hati pula jika mau mengganyang gerombolan copet karena malah bisa kita yang difitnah atau digebuki tanpa ampun, lalu pergi begitu saja. Perluas wawasan temen2 atas modus-modus pencopet dari media massa dsb.

semoga tidak mengalami hal yg sama seperti yg gw alami..... amin....

referensi: - pengalam pribadi
- www.forum.otomotifnet.com

semoga bermanfaat...^^

Comments

  1. hahaha...w telat baca artikelnya, soalnya baru tadi pagi w kecopetan di angkot. pencopetnya berpura pura tukang terapi...

    ReplyDelete
  2. Wahhh.. coba baca ini dluan yaa, pasti lgsung curiga sama pencopet itu..
    jdiin pengalaman berharga aja supaya bsk bisa lbh hati2.. thanks sudah baca artikel saya..
    Salam kenal.

    Tari

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. barusan aku kecopetan hape dengan modus diatas, nyebar brosur.. duh.. nyebelin banget

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Kenapa Administrasi Negara??

This is a story about my beloved of English which began of a hatefulness..

Alhamdulillah.. Akhirnyaaa Saaaahh jugaa :D