Kenapa Administrasi Negara??

Setiap ada yang bertanya, "kenapa sih Tar pilih jurusan Adm. Negara??" aku hanya bisa garuk2 kepala, sambil memikirkan jawaban yang paling enak di denger dan tepat alasannya... padahal ujung2nya tetep aja jawabanku adalah "hmmm.. gw juga bingung? dulu asal pilih aja, karena grade adm negara sedeng2 aja jadi yaaa gw PD aja bisa masuk ke UI adm negara".. hahahaa.. alasan bodoh!! tapi dilain sisi, ada satu alasanku yg bnr2 kuat bgt untuk bisa masuk UI, makanya aku pilih yg kira2 aku bisa diterima, yg penting masuk UI.. ^^
knp hayoo? ada yg tau gak? lagi2 alasan bodoh,, karena aku ingin setiap hari bisa bertemu dg mantan guru NFku yg kuliah di UI juga. Padahal setelah aku diterima di UI, gak sekalipun aku ketemu dia (yayiyalah secra beda fakultas..hahaa), pernah sekali pas makan di FASILKOM, dari jauh seperti dia, eh pas mendekat ternyata bukan.. hahahaaa... yaa dia guru Matematikaku di NF dulu.. sebut saja DLH, gak tau knp aku kagum bgt sama dia,, bukan hanya saat dia mengajar dulu, tp semenjak aku suka membaca blognya, aku semakin mengaguminya, dan gak jarang blog2 dia memberi inspirasi untukku.. mungkin cukup cerita tentang alasan bodoh itu.. oia, tp aku tetep seneng, karena blm lama ini, dia bales wallku looh di Fb.. (dasar tari aneh.. hehe)

Awal masuk Adm. Negara aku juga bingung, sebenernya ni jurusan tentang apa c? dulu pas tau keterima di Adm. negara UI, aku fikir bakal kuliah di FE, ternyata malah di FISIP.. ahahaaa.. Pas perkenalan sama alumni selalu aja ditanya alasan milih adm. negara, jwban tmn2 ada yg erorr ada juga yg serius.. klo yg erorr kebanyakan pada bilang, karena gak diterima dipilihan pertama (yaiyalah siapa suruh milih HI atau Manajemen UI)hahahaa..atau ada juga yg alesannya krn salah bulet2in pas di kertas SPMB.. (bnr2 errroorrrr) n yg serius rata2 selalu bilang karena mau jadi PNS atau bahkan ada yg pede bgt bilang mau jadi menteri..(amin..) dan giliran aku ditanya, aku ikut jawaban terbanyak, karena otak yg pas2an, jadi sadar kemampuan.. huaahahahahaaaa...

yaaa awalnya memang blank bgt tentang jurusan adm. negara, tp lambat laut seiring waktu perkuliahan berjalan aku mulai mengenal tentang jurusan yg aku pilih.. ADMINISTRASI NEGARA...dosen2 berpengalaman dan cerdas2 membuatku semakin paham maksud dari jurusan adm.negara.. awalnya aku merasa tidak cocok dengan jurusanku, karena kebanyakan teori yang berbicara soal "BIROKRASI YANG BOBROK KARENA BLABLABLA dsb." lagi2 birokrasi, lagi2 pelayanan publik, lagi2 otonomi daerah, pemerintah dsb...hmmm.. bnr2 diarahkan untuk jadi birokrat.. birokrat yg sebaiknya sesuai teori, atau birokrat yg mengerti teori tapi dilapangan tetap aja korupsi? (tergantung individu deh, tinggal pilih mau neraka apa surga?)hehehe

awalnya aku memang boring dan jenuh banget, tp karena aku senang dan semangat mengikuti perkuliahan bersama teman2 yg menyenangkan, jadi rasa boring tadi berubah jadi suasana yg menyenangkan... dan ternyata adm. negara gak sesempit yg aku fikirkan sebelmunya, ternyata disini kita juga belajar ttg SDM, evaluasi proyek, pajak, akuntansi, teori organisasi dan mata kuliah diluar konteks pemerintahan alias lebih ke swasta. dan jujur aku bangga loh dg jurusanku,, KNP? klo bukan kita siapa lagi? siapa lg yg akan merubah bangsa ini menjad lebih baik, menjadi lebih bermanfaat untuk rakyat, dan paling gak inilah bentuk rasa cinta aku terhadap tanah air.. aku bangga bukan karena aku ini akan menjadi penerus Aburizal Bakrie, seorang menko kesra sekaligus pengusaha sukses (ngarep), atau akan menjadi penerus gubernur Fauzi Bowo atau akan menjadi gubernur BI selanjutnya,, hehee,, tp aku bangga karena sedikit banyak aku paham tentang perkembangan negara Indonesia melalui pemerintahannya, sejauh mana keburukan pemerintahan kita, pengaharapan masyarakat terhadap pelayanan publik yg lebih baik dsb dsb... yaaa,, jadi kini aku telah memiliki jawaban pasti ats pertanyaan tmn2 selama ini..
"kenapa c Tar pilih jurusan Adm. Negara?" aku menjawab dg tegas dan tanpa ragu.. "karena gw ingin melihat bangsa Indonesia menangis bukan karena kelaparan dan kemiskinan namun gw ingin melihat bangsa Indonesia menangis karena bahagia atas kesejahteraan yang mereka dapatkan" memng agalk berlebihan tapi kita mesti berani bermimpi toh.. DARE TO DREAM.. do you dare to dream??

Berbanggalah teman2 sejurusanku, karena walau kita tak diajarkan untuk mendapat keuntungan/profit bergunung2 saat nanti turun ke dunia kerja, namun ketahuilah bahwa yang diajarkan para dosen kita seperti Pak Roy, Mas Irfan, Prof Eko dsb adalah sungguh sangat mulia dibandingkan dengan ilmu2 lainnya.. jadi manfaatkan ilmu yg telah kta dapat di kelas untuk bangsa ini..

ayo ayo semangaT untuk UTs minggu depan!!!

Comments

  1. permisi ka boleh saya tau berapa rata2 rapot kakak sem1-5? Saya ingin masuk adm. negara, mohon balasannya. informasi dari kakak akan membantu saya terima kasih

    ReplyDelete
  2. Hay Rini.. maaf telat reply.. raport saya biasa2 aja pas sekolah. Alhamdulillah saya masuk Adm. Negara UI lwt jalur SPMB.
    Kamu jg pasti bisaaa...
    Jgn lupa selalu berusaha, berdoa, dan serahkan hasilnya pada ALLAH SWT.

    Good luck.. ^_^

    ReplyDelete
  3. Kak mau tanya, SPMB itu apa ya? sama dengan SBM bukan? terus SPMB itu kayak gimana kak? Makasih ^^

    ReplyDelete
  4. Dulu jaman saya, SPMB seleksi penerimaan mahasiswa baru, mungkin tahun ini namanya jadi SBM... :D

    ReplyDelete
  5. Assalamu 'alaikum. Kak, boleh minta kontaknya? Kami pengin mempublikasikan cerita ini di blog kami :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru reply karena jarang buka blog. Boleh silakan aja hubungi saya di 087781232259.

      Delete
  6. Kak, bedanya adm.negara sama fiskal apa? spesifiknya. Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Adm negara lebih ke ilmu publik/pemerintah namun spesifik kebijakan2 yg sifatnya umum, sedangkan fiskal spesifik mempelajari ilmu pajak namun public oriented..

      Delete
  7. Kak, bedanya adm.negara sama fiskal apa? spesifiknya. Makasih

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. alasan memilih administrasi negara. menurut ka tari tuh gimnh ka?

    ReplyDelete
  10. alasan mengambil jurusan administrasi negara? menurut ka tari tuh gimnah ka?

    ReplyDelete
  11. alasan mengambil jurusan administrasi negara? menurut ka tari tuh gimnah ka?

    ReplyDelete
  12. Susah ngak sih kak belajar administrasi negara itu?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

This is a story about my beloved of English which began of a hatefulness..

Alhamdulillah.. Akhirnyaaa Saaaahh jugaa :D